Cara Memblokir Iklan Inject Telkom Speedy Indihome

Cara Memblokir / Menghilangkan Iklan Injek dari Telkom Speedy Indihome - Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya telah banyak diberitakan tentang Telkom (salah satu ISP di Indonesia) yang melakukan inject iklan kepada para penggunanya. Secara langsung maupun tidak langsung, tindakan ini merugikan para pelanggan ISP tersebut (saya tidak menggunakan layanan ISP tersebut).
Kerugian yang dialami oleh pengguna Telkom Speedy Indihome salah satunya adalah mengurangnya kecepatan akses internet karena setiap melakukan load halaman web, mereka juga harus meng-load iklan dari Telkom Speedy Indihome. Bukan hanya pelanggan saja yang dirugikan, pemilik website ataupun blog juga dirugikan karena script ads injection yang dilakukan oleh ISP ini. Script ads injection ini akan memaksa menampilkan iklan yang disediakan oleh Telkom pada website mereka,. Walau hal ini hanya dirasakan oleh customer ISP tersebut, namun para pengunjung yang mengakses dari ISP tersebut akan mengira bahwa website mereka "berat". Script injection ini juga bisa mengurangi pendapatan para pemilik web ataupun blog yang penghasilan utama mereka berasal dari iklan (iklan yang dimiliki oleh pemilik website).
Untuk para pemilik website ataupun blog, saya sudah membuat postingan tentang Cara Mencegah Script Ads Injection pada Website dan Blog.

Bagaimana cara memblokir Ads Injection bagi pengguna Indihome?
Tips memblokir iklan injek Telkom berikut saya ambil dari beberapa situs yang ada di internet, teman-teman bisa langsung mempraktekkannya.
  1. Menggunakan Add-ons / Extention Adblock-Plus
    Kebanyakan dari teman-teman pasti menggunakan add-ons ini, saya tidak menjelaskan tentang plugin ini. Iklan yang ditampilkan dari Telkom Indihome tidak bisa di-blok oleh add-ons ABP (Adblock-Plus), sehingga untuk memblok iklan dari Indihome, teman-teman harus menambahkan rule berikut secara manual.
    Klik Filter Preference (pada icon Adblock-Plus) -> Custom filters -> Add filter. Tambahkan rule berikut:
    ||csf.u-ad.info^
  2. Menggunakan VPN (Virtual Private Network)
    Kenapa VPN bisa menghindari Iklan dari Telkom Speedy Indihome? Perlu kita ketahui bahwa IP yang kita gunakan (IP dari Indihome) telah terinject Script Ads Inject. Jadi, selama kita menggunakan IP tersebut kita akan "dijejali" iklan dari ISP tersebut.
    Bila kita menggunakan VPN, IP kita (IP yang didapat dari Telkom Indihome) akan termasking oleh IP yang diberikan VPN.
  3. Menggunakan SSH Tunneling
    Bagi teman-teman yang terbiasa dengan jaringan komputer pasti tahu tentang SSH. Cara ini hampir mirip dengan menggunakan VPN. Dalam hal ini, SSH berfungsi untuk membuat jalur koneksi yang terenkripsi.
  4. Blok akses ke u-ad.info
    Ada beberapa cara untuk memblokir akses ke server iklan dari Telkom Speedy (Indihome), salah satunya yaitu dengan menambahkan forward akses ke localhost.
    Untuk pengguna windows dapat membuka: C:\Windows\System32\drivers\etc. Edit file hosts. Tambahkan rules berikut di baris paling akhir:
    # Blok Iklan Telkom Indihome
    127.0.0.1 cfs.u-ad.info
    127.0.0.1 u-ad.info
    127.0.0.1 cfs2.uzone.id
    127.0.0.1 uzone.id
    127.0.0.1 v3.mercusuar.uzone.id
    127.0.0.1 mercusuar.uzone.id
Itu dia beberapa cara untuk memblokir iklan script inject dari Telkom Indihome. Buat teman-teman yang mempunyai cara lain untuk memblokir iklan inject dari ISP tersebut mohon untuk memberitahu saya lewat kolom komentar agar saya bisa memperbarui postingan ini. Terimakasih telah berkunjung.

Kang Sunu

Terimakasih telah membaca tulisan saya yang berjudul Cara Memblokir Iklan Inject Telkom Speedy Indihome. Mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh isi dari tulisan pada halaman ini tanpa izin dari saya dan tanpa mencantumkan link aktif ke url http://www.kangsunu.web.id/2016/05/cara-memblokir-iklan-inject-telkom.html.
Terimakasih untuk teman-teman yang telah menghargai tulisan saya.

12 Responses to "Cara Memblokir Iklan Inject Telkom Speedy Indihome"

  1. Ini nih yg bikin loading sedikit lola, akibatnya juga BW ikut tersedot.

    ReplyDelete
  2. itu yang metode terakhir, ini bener gak ya?

    http://prnt.sc/cs1ggt

    takut salah...

    Yang adblock plus, di custom filter adanya "add filter group" bukan Add filter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. sudah bener mas.

      2. add filter group juga bisa mas, tapi sama saja nanti juga menambahkan filternya.

      makasih :)

      Delete
  3. Terima kasih mas, sangat membantu sekali dan saya coba langsung Sukses.

    ReplyDelete
  4. mas, apakah ini bisa dilakukan untuk wonderland ads?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tahu mas, silakan dicoba saja. terimakasih :)

      Delete
  5. Mas, saya complain ke telkom ttg hal ini. Cuma dari telkomnya ngakunya bukan punya dia. Beneran nih bukan virus? Soalnya saya kena kyk gini juga

    ReplyDelete
  6. jeh gk guna, masih mucul mulu ads ny ~_~

    ReplyDelete
  7. iklan ini juga makin parah setelah telkom gencar mempromokan program Usee TV Indihome , yang juga menurut saya kurang efektif dan justru menambah beban kepada pelanggan terbaru (IndiHome) eheheh

    ReplyDelete
  8. many thanks!
    kaget banget habis lihat ada iklan indiehomo di report AVG @[email protected]

    solved dengan cara #4 :-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. masi ga mempan nih pke cara #4
      zhalfashop.com

      Delete
  9. blokir langsung di modemnya dengan cara ini, sy menggunakan modem fiberhome:

    https://drive.google.com/open?id=0B5Gz0IEi80Qrbmw1ZnNpa2c4YXc

    ReplyDelete