Cara Install Font Windows di Linux (Ubuntu)

Cara Menginstal Font Windows di Ubuntu | Font Windows di Ubuntu

Cara Install Font Windows di Ubuntu - Teman-teman ada yang pakai Ubuntu? Atau OS Linux lainnya? Atau pakai Dual OS? Kebanyakan dari kita menggunakan Dual OS Windows-Linux, jarang yang pakai cuma Linux. Terkadang ada permasalahan kecil saat menggunakan Dual OS Windows-Linux, salah satu contohnya saat kita membuka sebuah file Office di Linux yang dibuat di Windows lalu kita ingin membukanya di Linux.
Nah, pada hal ini biasanya terjadi font yang ada di file office tersebut (Times New Rowman, Arial, dll) tidak terbaca dan tergantikan dengan font bawaan yang ada di Linux. Bila kita mengedit file tersebut, kemungkinan file bisa mengalami cacat dalam hal tampilannya. Lalu bagaimana mengatasinya?
Untuk mengatasinya kita hanya perlu menginstal font-font yang ada di Windows seperti Times New Rowman, Arial, dll dan memasukkannya ke dalam OS Linux kita.
Berikut cara menambahkan Font yang ada di Windows ke dalam Linux Ubuntu.
  1. Buka terminal
  2. Ketikkan "sudo apt-get install msttcorefonts"
  3. Setelah itu, refresh cache font yang sudah diinstal agar terdeteksi oleh sistem dengan cara mengetikkan "sudo fc-cache -fv"
  4. Selesai
Sekarang coba buka Libre Office atau software office lainnya yang ada di Linux Ubuntu kalian dan cek apakah ada font Times New Rowman apa tidak. Kalau sudah ada berarti kamu sudah berhasil.
Semoga tutorial ini bermanfaat yah! Tutorial ini juga bisa dipakai untuk Linux yang setara dengan Ubuntu, seperti Linux Mint dan lainnya.


Mungkin ini yang kamu cari:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url