Cara Menambahkan atau Menghilangkan WWW dengan .htaccess

.htaccess, cara menggunakan .htaccess di Cpanel
Cara Menambahkan atau Menghilangkan WWW dengan .HTACCESS - Beberapa orang memilih untuk menggunakan ataupun tidak menggunakan WWW pada website mereka. Misalnya teman-teman dapat mengakses alamat situs saya ini menggunakan www.kangsunu.web.id ataupun langsung kangsunu.web.id. Secara umum yang saya ketahui, Search Engine lebih suka dengan situs yang menggunakan WWW daripada yang tidak menggunakan WWW. Jadi dalam hal ini, www.kangsunu.web.id lebih baik dari kangsunu.web.id di mata Search Engine. Maka dari itu, dari sisi SEO (Search Engine Optimization) kita lebih baik menggunakan WWW pada situs kita.

Setelah lama saya tidak menulis di blog saya ini, saya akan berbagi cara untuk menambahkan WWW ataupun menghilangkan WWW dari situs kita. Tutorial ini disarankan bagi teman-teman yang mempunyai situs ataupun website yang menggunakan Hosting. Jadi tutorial ini tidak diperuntukkan bagi Anda yang menggunakan platform seperti Blogger ataupun yang sejenisnya.

Untuk menambahkan WWW pada situs kita, silakan tambahkan kode berikut ke dalam file .htaccess kita
#Force www:
RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^example.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://www.example.com/$1 [L,R=301,NC]

Sedangkan untuk menghilangkan WWW pada situs kita bisa menggunakan kode berikut
#Force non-www:
RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www\.example\.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://example.com/$1 [L,R=301]

Setelah memasukkan kode tersebut ke dalam file .htaccess kita, maka ketika kita mengetikkan nama domain kita dengan www atau tidak, seharusnya muncul seperti yang kita gunakan di file .htaccess.
Demikian cara untuk menggunakan WWW ataupun menghilangkan WWW pada website kita dengan .htaccess. Bagi teman-teman yang ingin beranya mengenai tulisan ini, teman-teman bisa menggunakan kolom komentar yang ada di bawah tulisan ini. Terimakasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url