Cara Membuat Random Password di PHP

Random Password Menggunakan PHP, key, password
Cara Membuat Random Password di PHP - Dalam sebuah pembuatan aplikasi baik desktop ataupun web, terkadang kita membutuhkan sebuah proses pembuatan password ataupun key. Beberapa aplikasi, pembuatan password ataupun key dibuat secara otomatis. Dalam pembuatan password secara otomatis sendiri biasanya sudah di-generate oleh sistem yang diambil dari pencampuran alfabet, numerik dan simbol yang nantinya disimpan didalam database, sehingga admin tidak perlu memasukkan password ataupun key secara manual. Teknik random password seperti ini kadang digunakan untuk me-reset password, pembuatan key dan kode verifikasi yang nantinya akan ditampilkan maupun dikirimkan kepada user.
Pada tulisan saya kali ini, kita akan membuat sebuah random password sederhana yang diambil dari pencampuran alfabet dan numerik.

Berikut script untuk mengacak kata di PHP:
<?php
function kodeAcak($panjang)
{
 $karakter = '';
 $karakter .= 'ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZabcdefghijklmnopqrstuvwxyz'; // karakter alfabet
 $karakter .= '1234567890'; // karakter numerik
 $karakter .= '@#$^*()_+=/?'; // karakter simbol

 $string = '';
 for ($i=0; $i < $panjang; $i++) { 
  $pos = rand(0, strlen($karakter)-1);
  $string .= $karakter{$pos};
 }
 return $string;
}
?>
Untuk cara pemanggilannya, kita hanya memanggil function di atas, yaitu:
<?php echo kodeAcak(8);?>
Bila function diatas berada di file yang berbeda, jangan lupa di-include-kan terlebih dahulu.
Ganti angka 8 dengan panjang karakter yang akan ditampilkan.

Dari script di atas terdapat 3 macam karakter, yaitu alfabet, numerik dan simbol. Bila kita hanya membutuhkan string alfabet dan numeric, kita bisa menghapus variabel $karakter pada simbol ataupun memberi tag komen "//" di depan variabel $karakter.
Untuk implementasinya, script random password di atas tidak hanya dipakai untuk keperluan meng-generate password saja, namun bisa juga dipakai sebagai generator kode verifikasi, activation key, dll. Jangan lupa untuk meng-enkripsi hasil generate password bila kita menyimpannya di database agar data aman.
Bila ada pertanyaan teman-teman mengenai pembuatan random code pada tulisan ini, bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah. Terimakasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url