Membuat Tahun Copyright Otomatis Tahun Sekarang di Blogger

Satu hal sederhana yang mungkin sering kita lupakan sebagai Blogger ataupun Developer, yaitu tahun copyright . Saya sendiripun kadang juga sering terlupakan saat melakukan pergantian maupun perubahan tema pada blog ini. Tahun copyright biasanya terletak pada bagian paling bawah halaman web. Bila menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP, tahun copyright bisa dibuat otomatis dengan cara memanggil fungsi date(). Namun perlu diperhatikan untuk kalian yang menggunakan Blogger, yang mana platform ini memiliki kustomisasi yang terbatas, tak seleluasa bila menggunakan Wordpress selfhosted. Pembuatan tahun copyright agar otomatis menjadi tahun sekarang (tahun saat pengunjung mengunjungi blog kalian) di Blogger berada di client side, yaitu menggunakan javascript.

Dari pengalaman saya mengunjungi sebuah blog, tahun copyright yang tampil sesuai dengan waktu saat kita (current year) mengunjungi halaman blog kita juga memiliki kesan bahwa blog masih aktif. Apa yang kalian pikirkan bila saat ini tahun 2022 tapi kalian mengunjungi sebuah situs web dengan tahun copyright 2013? Tentu kesan bahwa situs itu sudah tidak aktif lagi akan menjadi perhatian kita. Sama seperti pada awal zaman blog menjadi tren namun sekarang telah ditinggal pergi pemiliknya.

Lalu bagaimana solusinya? Untuk membuat tahun copyright otomatis berganti di Blogger, kita hanya perlu menambahkan script berikut di template blog kita.


<script>document.write(newDate().getFullYear());</script>

Contoh implementasi penggunaan script copyright otomatis tersebut seperti ini:

Copyright © Kang Sunu 2022 -

Pada tahun tulisan ini dibuat yaitu tahun 2022, tulisan tahun copyright tersebut menunjukkan 2022 - 2022. Bila kalian mengunjungi halaman ini di lain tahun saat tulisan ini dibuat, maka tulisan tahun copyright di atas menjadi 2022 - .

Untuk pemasangan script tahun copyright otomatis current year tersebut, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke Edit HTML blogger kalian.
  2. Kemudian gunakan shortcut "Ctrl + F" dan cari tulisan copyright.
  3. Lalu ganti tahun copyright dari template yang kalian pakai dengan script di atas.

Demikianlah cara membuat copyright menjadi current year di blog blogger, semoga tulisan mengenai pembuatan copyright otomatis di blogger ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url