JetTheme Core, Template Blogger Gratis yang Ringan dan Cantik

JetTheme Blogger Template Logo

Kini blogging bagi saya hanyalah kesibukan pada waktu senggang. Selain itu, blogging juga merupakan waktu bagi saya untuk melatih cara menulis saya untuk lebih baik dan menyimpan setiap apa-apa yang saya lakukan, terutama dalam bidang yang saat ini saya tekuni sebagai programer.

Sebagai programer, tentu saya tidak bisa menghapal semua sintaks yang ada pada bahasa pemrograman yang sedang saya gunakan. Tentu, saya sangat sering melakukan "googling" untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada kode yang saya tulis. Sering pula, permasalahan yang pernah terselesaikan muncul kembali di lain waktu sehingga saya harus melakukan googling sekali lagi untuk memecahkan permasalahan yang sudah pernah saya selesaikan. Hal inipun cukup membosankan.

Maka dari itu, terkadang saya menuliskan solusi dari permasalahan yang saya temukan di dalam pekerjaan saya ke dalam blog ini agar nantinya lebih mudah ditemukan. Untuk menunjang hal tersebut, maka blog yang saya gunakan harus informatif dan memiliki performa yang baik agar saya tidak terhambat dalam menyelesaikan pekerjaan saya. Selain itu, tampilan pada blog saya juga harus menarik agar tidak cepat bosan dan mudah dalam mendapatkan informasi yang dicari.

Untuk meningkatkan performa blog agar lebih cepat salah satunya yaitu tema yang digunakan. Dalam beberapa hal, tema dapat berpengaruh pada performa dan SEO blog. Pada template atau tema yang saya gunakan sebelumnya (pada saat tulisan ini dibuat) banyak memuat gambar yang mana memperlambat performa blog ini. Selain itu, tampilannya sendiri bagi saya kurang menarik untuk tema blog yang akan saya usung yaitu informasi. Meski template tersebut merupakan template berbayar, menurut saya template tersebut kurang membantu pekerjaan saya pada bidang pemrograman.

Kemudian, kemarin malam tepatnya pada tanggal 11 Mei 2022, saya mencoba googling mencari template untuk plaftform yang sedang saya gunakan pada saat saya menulis ini yaitu blogger. Saya mencoba mencari template yang simpel dan tidak banyak embel-embel hingga akhirnya saya menemukan satu template blogger yang menurut saya cukup pas untuk tema yang akan saya usung kedepannya pada blog ini. Template Blogger tersebut adalah JetTheme Core.

JetTheme Core Blogger Template
JetTheme Core merupakan template blogger yang ringan dengan tampilan yang cantik. Template ini menurut saya sangat cocok untuk untuk blog yang memuat niche informatif, seperti tutorial ataupun sharing. Pada tulisan ini dibuat, JetTheme Core memiliki versi 2.9.

Kelebihan JetTheme Core Blogger Template
Kelebihan template ini menurut saya sendiri adalah lebih user friendly, terutama untuk kalian masih awam dengan plaftform Blogger. Selain itu, pada template ini sudah terpasang LazyLoad sehingga proses loading halaman akan terasa lebih cepat karena aset-aset seperti gambar akan ditampilkan saat terakhiran saat halaman dilihat.

Modifikasi Template JetTheme Core
Untuk template default dari JetTheme Core (versi 2.9) sebenarnya saya agak kurang suka. Jadi, saya membuat beberapa perubahan kecil agar sesuai dengan yang saya harapkan. Beberapa hal yang saya ubah dari template JetTheme Core yang saya gunakan antara lain:

  • Post List
    Secara default, post list pada JetTheme Core memiliki dua kolom. Saya sendiri kurang suka dengan tampilan seperti ini, maka dari itu saya membuat menjadi satu kolom.
  • Thumbnail pada Post List
    Setelah membuat post list menjadi satu kolom, permasalahan yang terjadi adalah thumbnail menjadi terlihat lebih besar. Hal ini menurut saya memakan banyak tempat, sehingga saya memutuskan untuk menghilangkan thumbnail pada post list. Selain itu, harapannya kecepatan loading blog ini semakin lebih cepat karena semakin sedikit gambar yang dimuat dalam halaman post list.

Demo & Download Template JetTheme Core
Kamu bisa lihat demo dari template JetTheme Core dan download template JetTheme Core pada link yang ada di bawah.

Demo Template JetTheme Core
Download Template JetTheme Core

Demikian sharing mengenai template blog yang saya gunakan pada saat ini. Semoga tulisan ini menjadi referensi bagi kalian yang sedang mempertimbangkan dalam memilih template blog yang sesuai.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url