Pindah Domain ke kangsunu.com

Mungkin pembaca di blog ini belum tahu mengenai history dari dibuatnya blog ini. Blog ini dibangun pada tahun 2015, saat itu saya dalam masa kuliah. Materi-materi yang ada di perkuliahan dan beberapa tugas diantaranya saya masuk disini. Domain yang digunakan adalah kangsunu.web.id, yang mana merupakan domain yang terbilang cukup terjangkau bagi anak kuliahan semacam saya saat itu. Domain dengan ekstensi .web.id dari segi harga menurut saya terbilang cukup stabil. Dimana harga domain ini tidak berpengaruh banyak saat ada perubahan harga pada dolar.

Sebelum blog ini dibuat, saya menggunakan domain kangsunu.com, kalau tidak salah tahun 2013 pertengahan semester saya SMA atau awal-awal kuliah. Domain tersebut saya gunakan sampai tahun 2015, yang entah kenapa (saya lupa spesifiknya) domain tersebut tidak dapat diperpanjang. Singkatnya, domain lama saya yang berekstensi .com tersebut masuk ke dalam situs lelang domain. Domain tersebut dilelang dengan harga mencapai USD $1.500. Bayangkan untuk harga segitu dan keadaan masih dibilang "pelajar", hal ini sangat tidak masuk akal dan tentu sangat melebihi budget seorang pelajar. Akhirnya, pada saat itu saya putuskan menggunakan domain yang harganya masih terjangkau. Saya putuskan menggunakan domain .web.id yang harganya sekitar 50-ribuan per-tahun.

Namun mulai tahun lalu (2019 akhir), domain saya tiba-tiba sudah tersedia dengan harga normal saat saya mengeceknya di who.is. Tanpa pikir panjang, saya mengambil kembali domain lama saya yang berekstensi .com tersebut. Sengaja belum saya gunakan agar index pada halaman pencarian Google bersih terlebih dahulu. Domain tersebut sementara saya alihkan ke domain ini. Setelah satu tahun berlalu, saya putuskan untuk menggunakan domain .com tersebut untuk blog saya. Hal ini karena domain .com menurut saya lebih terlihat profesional, apalagi sekarang saya bekerja di bidang IT yang mana hal ini bisa menambah nilai plus tersendiri. Namun disisi lain, domain .com saya ini masih dibilang belum sebaik domain yang digunakan di blog ini. Jadi saya belum untuk memutuskan untuk mengalihkan trafik yang ada di blog ini ke domain baru saya. Bukan perkara mudah mudah untuk mengalihkan domain blog yang mana beberapa di antaranya sudah memiliki peringkat yang baik di hasil pencarian Google. Saya masih belum yakin karena masih menduga bila nanti trafik berkurang, meski blog ini tidak memiliki profit sekalipun.

Bagi saya aktivitas blogging seperti berbagi saja, bila nanti ada income-pun menurut saya itu adalah hasil tambahan dari berbagi sebuah kebaikan. Selain itu, saya sendiri merasa senang (baca: cukup) apabila terdapat tulisan saya yang digunakan dan menambahkan sumber original ke blog saya ini.

Demikian, cerita singkat saya mengenai perubahan domain yang akan saya lakukan. Sementara ini domain saya pisahkan sampai domain baru saya yang beralamatkan kangsunu.com sudah memiliki trafik yang baik. Blog ini masih aktif, dan mungkin saya akan tetap menulis di platform ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url