Tips Mencegah Carding (Hacking Kartu Kredit, ATM dan Sejenisnya)

Tips Menghindari Agar Tidak Terkena Carding, Kartu Kredit
Tips Mencegah Terkena Hacking pada Kartu Kredit, ATM, dan Sejenisnya (Carding) - Semalam (sejak saat tulisan ini saya publikasikan) secara tidak sengaja saya mendapatkan link artikel yang mana seorang anak yang masih mengenyam pendidikan di bangku SMP telah melakukan carding untuk berbelanja di ZALORA dan LAZADA. Cerita dari seorang teman katanya berita ini sempat booming beberapa hari (4-5hari) yang lalu di internet.

Apa itu Carding?
Dalam dunia IT, istilah Carding dikenal sebagai aktivitas pencurian informasi tentang Kartu Kredit. Sehingga pelaku Carding (disebut sebagai "Carder") dapat melakukan transaksi menggunakan Kartu Kredit korban tanpa izin. Carding ini bisa disebut juga pencurian dalam dunia internet karena tentunya merugikan orang lain. Dalam melakukan kejahatannya, para "Carder" (pelaku Carding) tidak perlu mencuri kartu kredit di dalam dompet teman-teman, mereka hanya mengambil data dari website dimana teman-teman pernah melakukan transaksi online.
Jadi, para Carder membobol database dari website tersebut untuk mendapatkan info kartu kredit teman-teman dan setelah itu menggunakannya untuk berbelanja di situs Online Shop tersebut ataupun yang lainnya.

Bagaimana cara agar terhindar dari Carding?
Ada beberapa tips agar kita terhindar dari Carding, dan berikut tips-tips agar terhindar dari para pelaku Carding.

1. Jangan sembarangan menyimpan informasi kartu
Yah, tips pertama dari saya adalah berhati-hatilah dalam memberikan informasi tentang kartu kredit teman-teman. Jangan sampai teman-teman menggunakan kartu kredit-nya di situs-situs yang belum terjamin keamanannya.
Contoh website yang aman adalah website yang mempunyai sertifikat SSL. Cirinya adalah menggunakan protokol HTTPS dalam melakukan transaksi. Untuk mengetahui sebuah website mempunyai sertifikat SSL atau tidak, teman-teman bisa melihatnya pada address bar browser teman-teman.
Situs Web yang mempunyai protokol HTTPS

2. Waspadai Phising!
Phising
Apa itu Phising? Phising adalah salah satu teknik hacking yang mana kita membuat sebuah halaman yang sedemikian rupa mirip dengan halaman aslinya untuk mencuri data / informasi korban.
Jadi, teknik phising ini dilakukan untuk menangkap korban-korban yang bisa saya sebut adalah orang yang ceroboh. Saya beri contoh, seumpama kita melakukan transaksi e-banking di situs Klik BCA yang beralamatkan www.klikbca.com, bisa jadi seorang Carder membuat sebuah website yang beralamatkan kilkbca.com, klikbca.net, klikbca.org, atau yang lainnya, berharap teman-teman masuk ke dalam perangkap mereka.
Jadi, untuk menghindari Phising, teman-teman harus memastikan bahwa alamat yang teman-teman tuliskan adalah benar!

3. Memasang Antivirus
antivirus untuk mencegah carding
Antivirus berguna untuk mencegah kita dari hal-hal yang merugikan kita, seperti Virus, Malware, Spyware dan lainnya. Virus tidak hanya berupa file yang berada pada perangkat kita, namun juga terdapat pada website. Jadi, antivirus bisa mencegah kita menuju situs-situs yang dapat merugikan kita. Antivirus juga bisa menghindarkan kita dari web-web Phising dan virus yang terdapat pada komputer kita.

4. Jangan gunakan perangkat jaringan publik
Apa yang dimaksud dengan perangkat publik? Jadi kita menggunakan device yang bersifat publik, yang mana semua orang bisa menggunakannya secara leluasa. Dalam hal ini bisa jadi seperti fasilitas publik yang disediakan di tempat-tempat umum, warnet, dan yang lainnya. Hal ini harus dihindari karena bisa jadi pada komputer tersebut terdapat virus yang bisa mencuri data pribadi teman-teman. Selain itu, kita juga bisa mencegah pencurian data apabila kita lupa melakukan logout. Jadi tahu kan bahayanya apabila menggunakan fasilitas publik, apalagi untuk hal yang sangat penting.
Jadi saran saya, sebisa mungkin gunakan perangkat pribadi. Bila menggunakan wifi, pastikan jaringan wifi tersebut aman.

5. Ganti password secara berkala
Berhati-hatilah dalam menggunakan password, pastikan password yang teman-teman gunakan sulit ditebak. Lebih lagi gunakan kombinasi karakter dan angka. Selain itu gunakan kombinasi karakter huruf besar dan kecil, dan tambahan karakter unik seperti titik (.), koma (,), setrip (-), atau yang lainnya. Jangan lupa ubah password secara berkala agar terhindar dari orang yang sengaja mencoba membobol akun teman-teman.

Nah, itu dia beberapa tips dari saya agar terhindar dari pencurian kartu kredit / Carding. Tips di atas tidak hanya berlaku untuk kartu kredit saja, namun semua yang menyangkut dengan transaksi online. Seperti e-Banking, Virtual Money (seperti: Paypal, BitCoin, dll) dan yang sejenisnya. Walau tidak 100% teman-teman akan terhindar dari Carding, tapi setidaknya teman-teman sudah mengurangi resiko terkena Carding. Lebih baik mencegah dari sekarang sebelum menjadi korban. Gak mau kan tiba-tiba tagihan di kartu kredit teman-teman tiba-tiba membengkak?
Mohon untuk menyebarkan postingan ini dengan meng-share link artikel ini, semakin banyak teman-teman membagikan berarti teman-teman telah menyelamatkan kerabat teman-teman menjadi korban kejahatan ini.
Terimakasih sudah membaca Tips Mencegah Agar Tidak Terkena Carding dari saya, semoga bermanfaat dunia dan akhirat. Aaamiiinnn :)

Kang Sunu

Terimakasih telah membaca tulisan saya yang berjudul Tips Mencegah Carding (Hacking Kartu Kredit, ATM dan Sejenisnya). Mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh isi dari tulisan pada halaman ini tanpa izin dari saya dan tanpa mencantumkan link aktif ke url http://www.kangsunu.web.id/2015/08/tips-mencegah-carding.html.
Terimakasih untuk teman-teman yang telah menghargai tulisan saya.

1 Response to "Tips Mencegah Carding (Hacking Kartu Kredit, ATM dan Sejenisnya)"