Membuat Koneksi Database dengan MySQLi di PHP

Cara Membuat Koneksi MySQLi Menggunakan PHP
Cara Membuat Koneksi Database MySQL dengan Menggunakan MySQLi Extension di PHP Terbaru - Untuk teman-teman yang sudah lama terjun di dunia programming pasti sudah tahu kan apa itu MySQLi, untuk yang belum tahu tahu apa itu MySQLi saya mohon maaf karena saya tidak akan membahas tentang MySQLi. Perlu kita ketahui, mulai versi 5.5.0 PHP membuat status mysql extension menjadi deprecated yang artinya pengaksesan database MySQL menggunakan fungsi mysql extension sudah tidak disarankan lagi. Programmer PHP disarankan untuk menggunakan mysqli extension atau PDO yang berbasis objek.
MySQL versi terbaru sekarang memiliki fitur-fitur yang semakin lengkap dan kompleks, sehingga PHP memutuskan untuk membuat fungsi extension baru agar programmer PHP bisa menggunakan fitur-fitur tersebut.

Sebagai pengganti mysql extension, PHP telah menyediakan mysqli extension (mysqli merupakan singkatan dari MySQL Improved). Mysqli extension ini pada dasarnya merupakan perbaikan dari mysql extension dan dikembangkan untuk mendukung fitur-fitur terbaru untuk MySQL 4.1 keatas. Penulisan mysqli extension juga mirip dengan mysql extension, sehingga buat teman-teman yang sudah lama menggunakan mysql extension akan cepat beradaptasi dalam menggunakan mysqli extension.

Untuk membuat koneksi database dengan mysqli extension di PHP, teman-teman bisa menggunakan script berikut:
<?php
$db['host'] = "localhost"; //host
$db['user'] = "root"; //username database
$db['pass'] = "password"; //password database
$db['name'] = "namadatabase"; //nama database

// MySQLi Prosedural
$koneksi = mysqli_connect($db['host'], $db['user'], $db['pass'], $db['name']);

if (mysqli_connect_errno()) {
trigger_error('Koneksi ke database gagal: '  . mysqli_connect_error(), E_USER_ERROR); // Jika koneksi gagal, tampilkan pesan "Koneksi ke database gagal"
}
//--hapus script dibawah ini
else{ echo "Koneksi prosedural berhasil!"; }



// MySQLi OOP
$koneksi = new mysqli($db['host'], $db['user'], $db['pass'], $db['name']);

if($koneksi->connect_error){
trigger_error('Koneksi ke database gagal: ' . $mysqli->connect_error, E_USER_ERROR); // Jika koneksi gagal, tampilkan pesan "Koneksi ke database gagal" 
}
//--hapus script dibawah ini
else{ echo "Koneksi OOP berhasil!"; }

?>

Nah, demikian cara membuat koneksi MySQLi di PHP, semoga bermanfaat.

Kang Sunu

Terimakasih telah membaca tulisan saya yang berjudul Membuat Koneksi Database dengan MySQLi di PHP. Mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh isi dari tulisan pada halaman ini tanpa izin dari saya dan tanpa mencantumkan link aktif ke url http://www.kangsunu.web.id/2016/05/membuat-koneksi-database-dengan-mysqli.html.
Terimakasih untuk teman-teman yang telah menghargai tulisan saya.

0 Response to "Membuat Koneksi Database dengan MySQLi di PHP"

Posting Komentar